Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Wheel Tractor Scrapper (WTS) dan Fungsinya

Pengertian Wheel Tractor Scrapper (WTS) dan Fungsinya. Wheel Tractor Scrapper merupakan alat berat yang digunakan untuk memuat, memindahkan, menyebarkan dan membuang material dalam rangka pemeliharaan jalan. Alat ini digunakan untuk menggali muatannya sendiri, lalu mengangkut ke tempat yang ditentukan, kemudian muatan itu disebagkan dan diratakan. Scrapper mampu menggali/ mengupas permukaan tanah sampai setebal + 2,5 mm atau menimbun suatu tempat sampai tebal minimum + 2,5 mm pula. Scrapper dapat digunakan untuk memotong lereng tanggul atau lereng bendungan, menggali tanah yang terdapat diantara bangunan beton, meratakan jalan raya atau lapangan terbang.

Pengertian Wheel Tractor Scrapper (WTS) dan Fungsinya

Efisiensi penggunaan Scrapper tergantung pada:
  1. Kedalaman tanah yang digali
  2. Kondisi mesin
  3. Operator yang bekerja.

Jika ditinjau dari penggeraknya, jenis Scrapper ada dua macam yakni:
  1. Scrapper yang ditarik Buldoser (Down Scrapper Tractor)
  2. Scrapper yang memiliki mesin penggerak sendiri (Self Propelled Scrappers).

Scraper biasa digunakan di pertambangan, konstruksi, pertanian dan aplikasi pemindahan tanah lainnya. Bagian belakang memiliki hopper vertikal yang bergerak (juga dikenal sebagai mangkuk) dengan tepi depan horisontal tajam. Hopper dapat diturunkan dan dibesarkan dengan menggunakan tenaga hidrolik. Ketika hopper diturunkan, tepi depan memotong ke dalam tanah atau tanah liat seperti pesawat dan mengisi hopper. Ketika hopper penuh, maka akan diangkat, dan ditutup dengan pisau vertikal (dikenal sebagai apron).

Scrapper yang ditarik Buldoser (Down Scrapper Tractor)

Scrapper kuno contohnya seperti Down Scrapper Tractor yang bekerja dengan ditarik oleh Buldoser atau traktor sehingga punya kapasitas produksi yang kecil, sebab gerakan Buldoser sebagai alat penarik sangat lamban, dan jarak angkut yang ekonomis kurang dari 67 m.

Scrapper yang memiliki mesin penggerak sendiri (Self Propelled Scrappers)

Self Propelled Scrappers adalah jenis Scrapper yang modern dan saat ini banyak digunakan. Scrapper ini memiliki mesin penggerak khusus sehingga gerakannya gesit dan lincah. Produksi SelfPropelled Scrappers dapat tinggi, jika digunakan untuk mengangkut jarak yang sedang (+ 5 km) efektivitasnya dapat menyaingi truck, baik itu dalam produksi beaya tiap ton (m3) maupun kecepatannya.

Sumber referensi:
http://learnmine.blogspot.co.id/2013/04/beberapa-jenis-alat-berat-dan-fungsinya.html

https://en.wikipedia.org/wiki/Wheel_tractor-scraper

Post a Comment for "Pengertian Wheel Tractor Scrapper (WTS) dan Fungsinya"