Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Alat Berat Pemadat dan Jenisnya

Pengertian Alat Berat Pemadat dan Contohnya. Alat berat pemadat adalah jenis alat berat yang digunakan pada konstruksi lahan, atau pada proyek jalan. Alat ini biasa digunakan pada lahan yang akan di pakai untuk pembangunan. Namun yang sering kita jumpai alat ini digunakan pada proyek pembangunan jalan. Ada berbagai jenis rol dan peralatan pemadatan tanah lain yang tersedia. Penggunaan mesin-mesin pemadatan tergantung pada jenis tanah dan kondisi kelembaban.

alat berat pemadat tandem roller
tandem roller
Alat Pemadat sering dilakukan untuk pembuatan jalan, baik untuk jalan tanah dan jalan dengan perkerasan lentur maupun perkerasan kaku. Dan yang termasuk sebagai alat pemadat adalah:

1. Tamping roller
2. Pneumatic-tired roller
3. Compactor, dan lain-lain.

Dalam hal pekerjaan pembuatan landasan pesawat terbang, jalan raya, tanggul sungai dan sebagainya tanah perlu dipadatkan semaksimal mungkin. Selain menggunakan alat berat pekerjaan pemadatan tanah dalam skala kecil pemadatan tanah dapat dilakukan dengan cara menggenangi dan membiarkan tanah menyusust dengan sendirinya, namun cara ini perlu waktu lama dan hasilnya kurang sempurna; agar tanah benar-benar mampat secara sempurna diperlukan cara-cara mekanis untuk pemadatan tanah.

Tandem Roller Pemadatan tanah secara mekanis umumnya dilakukan dengan menggunakan mesin penggilas (Roller); klasifikasi Roller yang dikenal antara lain adalah:

1. Berdasarkan cara geraknya; ada yang bergerak sendiri, tapi ada juga yang harus ditarik traktor.
2. Berdasarkan bahan roda penggilasnya, ada yang terbuat dari baja (SteelWheel) dan ada yang terbuat dari karet (pneumatic)
3. Dilihat dari bentuk permukaan roda; ada yang punya permukaan halus (plain), bersegmen, berbentuk grid, berbentuk kaki domba, dan sebagainya
4. Dilihat dari susunan roda gilasnya; ada yang dengan roda tiga (Three Wheel), roda dua (Tandem Roller), dan Three Axle Tandem Roller. Alat pemadat yang menggunakan penggetar (vibrator).

Jenis-Jenis Alat Pemadat Tanah

Berikut ini adalah berbagai jenis peralatan Pemadatan untuk jenis tanah yang berbeda:
Peralatan pemadatan tanah dapat dibagi menjadi dua kelompok:

1. Rammers untuk pemadatan tanah
2. Peralatan tanah pemadatan cahaya
3. Peralatan tanah pemadatan berat

Peralatan ini digunakan untuk pemadatan tanah dari daerah kecil saja dan di mana usaha pemadatan yang dibutuhkan kurang. Berikut adalah peralatan ringan untuk pemadatan tanah:

1. Alat Pemadat Rammers

Rammers
alat berat pemadat Rammers

Jenis-Jenis Alat Pemadat Tanah Rammers digunakan untuk pemadatan daerah kecil dengan memberikan beban dampak ke tanah. Peralatan ini ringan dan dapat tangan atau mesin dioperasikan. Ukuran dasar rammers dapat 15cm x 15cm atau 20cm x 20cm atau lebih. Rammers cocok untuk pemadatan tanah kohesif serta tanah lainnya. Mesin ini di daerah dengan kesulitan dalam akses.

Plat Vibrator Compactor
alat berat pemadat Plat Vibrator Compactor

Compactor piring yang digunakan untuk pemadatan tanah kasar dengan 4-8% denda. Peralatan ini digunakan untuk daerah-daerah kecil. Bobot biasa dari mesin ini bervariasi dari 100 kg sampai 2 ton dengan daerah plat antara 0,16 m2 dan 1,6 m2.

Rollers Halus
alat berat pemadat roller halus

Rol roda halus terdiri dari dua jenis:

  1. Statis rol roda halus
  2. Bergetar rol halus roda

Tanah yang paling cocok untuk ini jenis rol baik pada pasir, kerikil, batu hancur, aspal dll mana Crushing diperlukan. Ini digunakan pada tanah yang tidak memerlukan tekanan besar untuk pemadatan. Rol ini umumnya digunakan untuk finishing permukaan atas tanah. Rol ini tidak digunakan untuk pemadatan pasir seragam.

Sumber referensi:
read more~ http://learnmine.blogspot.co.id/2013/04/beberapa-jenis-alat-berat-dan-fungsinya.html
http://www.civildoqument.com/2015/10/jenis-jenis-alat-pemadat-tanah.html 

Post a Comment for "Pengertian Alat Berat Pemadat dan Jenisnya"